School Info
Thursday, 22 Feb 2024
  • Pendaftaran PPDB Tahun 2023/2024 sudah berjalan, silakan bisa mendaftar langsung ke sekolah, dapatkan potongan biaya. Kuota terbatas.
  • Pendaftaran PPDB Tahun 2023/2024 sudah berjalan, silakan bisa mendaftar langsung ke sekolah, dapatkan potongan biaya. Kuota terbatas.
4 June 2023

Kepala Sekolah sebagai Pembina siswa

Sun, 4 June 2023 Read 61x

Sebagai pembina siswa, tugas kepala sekolah mencakup berbagai hal untuk mendukung perkembangan dan pembentukan karakter siswa. Berikut adalah beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pembina siswa:

  1. Membangun Budaya Sekolah yang Positif: Kepala sekolah bertanggung jawab untuk menciptakan dan mempertahankan budaya sekolah yang positif, inklusif, dan berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Ini melibatkan mempromosikan nilai-nilai seperti integritas, tanggung jawab, kerja sama, disiplin, dan penghargaan terhadap keberagaman.
  2. Merancang Program Pembinaan Karakter: Kepala sekolah terlibat dalam merancang dan mengimplementasikan program pembinaan karakter yang terstruktur dan komprehensif. Ini dapat meliputi kegiatan seperti pelatihan kepemimpinan, pengembangan keterampilan sosial, kegiatan pengabdian masyarakat, dan program pengembangan kepribadian.
  3. Memfasilitasi Kegiatan Ekstrakurikuler: Kepala sekolah mendukung dan memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler yang berkontribusi pada pembentukan karakter siswa. Hal ini mencakup klub, organisasi, tim olahraga, paduan suara, atau kelompok lainnya yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan, minat, dan nilai-nilai positif.
  4. Memberikan Bimbingan dan Konseling: Kepala sekolah dapat memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa dalam hal pembangunan karakter, penyelesaian masalah, dan pengembangan pribadi. Hal ini bisa dilakukan secara langsung oleh kepala sekolah atau dengan memastikan ketersediaan layanan bimbingan dan konseling yang memadai di sekolah.
  5. Memonitor Perkembangan Siswa: Kepala sekolah berperan dalam memonitor perkembangan siswa secara keseluruhan, termasuk perkembangan akademik, sosial, dan emosional. Dengan memantau kemajuan siswa, kepala sekolah dapat memberikan dukungan tambahan dan intervensi jika diperlukan.
  6. Membangun Hubungan dengan Orang Tua: Kepala sekolah berinteraksi dengan orang tua siswa untuk membahas perkembangan siswa dan mengkomunikasikan pentingnya pendidikan karakter. Melalui pertemuan orang tua, diskusi kelompok, atau komunikasi tertulis, kepala sekolah dapat membangun hubungan yang kuat dengan orang tua dan menggandeng mereka dalam pembinaan siswa.
  7. Kolaborasi dengan Guru dan Staf: Kepala sekolah bekerja sama dengan guru dan staf sekolah untuk memastikan bahwa pendidikan karakter menjadi bagian integral dari kurikulum dan kegiatan sekolah. Ini melibatkan pengembangan strategi pembelajaran yang mencakup pembinaan karakter, pemantauan kelas, dan pembinaan guru dalam pendekatan dan metode pengajaran yang mendukung pembangunan karakter siswa.
  8. Memberikan Disiplin yang Adil: Kepala sekolah memiliki peran penting dalam memberikan disiplin yang adil dan konsisten di sekolah. Ini mencakup menegakkan aturan sekolah, memastikan ketertiban di lingkungan sekolah, dan mengajarkan siswa tentang tanggung jawab dan konsekuensi dari tindakan mereka.

Melalui peran sebagai pembina siswa, kepala sekolah berupaya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan karakter siswa secara holistik, membantu mereka menjadi individu yang bertanggung jawab, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan di dunia nyata.

Another Article

By : AdminWebEspega

Kepala Sekolah

Archives

Categories

Info Sekolah

SMK PGRI 3 CIMAHI

NPSN 20224131
Jl. Terusan Babakan Cimahi No. 4B, Cimahi Tengah
PHONE (022) 6632209
EMAIL smkpgri3cimahi@ymail.com
WHATSAPP +62-88809555342