PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Proses belajar dan pembelajaran  yang  berlaku  selama ini umumnya masih bersifat konvensional, sehingga banyak mengakibatkan verbalisme. Hal ini terjadi akibat komunikasi  yang  terjalin antara guru dengan siswa hanya berlangsung satu arah, dari guru ke siswa.  Seakan-akan memposisikan guru sebagai seseorang yang sangat  tahu tentang materi atau konsep yang sedang diajarkannya.  Dan siswa diposisikan sebagai wadah yang siap menerima segala sesuatu yang diajarkan oleh gurunya. Proses belajar dan pembelajaran seperti ini akan mengakibatkan siswa sulit untuk mengembangkan kemampuan (kognitif, afektif dan psikomotor) yang dimilikinya.

Untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran, maka guru memerlukan media pembelajaran sebagai media komunikasi. Menurut Sadiman dkk, (2006), salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran dan media pembelajaran ini berfungsi sebagai perantara untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Gagne dan Briggs (dalam Ibrahim dan Syaodih, 1996:133) menekankan pentingnya media sebagai alat untuk merangsang proses belajar dan pembelajaran. Media pembelajaran dapat memperjelas pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar, selain itu  media dapat menimbulkan motivasi belajar. Penggunaan media pembelajaran oleh guru haruslah disesuaikan dengan  materi yang diberikan agar  tepat  dengan tujuannya. Hal ini didukung oleh Danim, S. (2008) yang menyataka bahwa teknologi komunikasi pendidikan merupakan pemanfaatan media teknologi untuk tujuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan sistematis, kritis dan ilmiah tentang pendidikan dari teknologi pendidikan yang memiliki implikasi tertentu.

Pemanfaatan media pembelajaran dalam teknologi komunikasi untuk kegiatan belajar dan pembelajaran secara tepat, baik dalam jumlah maupun dalam mutu, sangat membantu kelancaran dan keberhasilan proses pendidikan. Efektivitas penggunaan setiap alat bantu pendidikan sangat  tergantung kepada kesiapan guru  dan siswa dalam menggunakan alat bantu pendidikan tersebut, dan kelangsungan alat tersebut.

ALAT-ALAT TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi yang diperoleh manusia semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam  pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar dan pembelajaran.

ini mengakibatkan tuntutan manusia terhadap pendidikan menjadi semakin tinggi dan beragam.

Menurut  Danim, S (2008) alat-alat teknologi komunikasi sangat beragam, dari yang bersifat tradisional hingga yang bersifat modern, yaitu:

  1. Papan Tulis
  2. Bulletin board dan display
  3. Gambar dan ilustrasi fotografi
  4. Slide dan filmstrip
  5. Film
  6. Rekaman Pendidikan
  7. Radio Pendidikan
  8. Televisi Pendidikan
  9. Peta dan globe
  10. Buku pelajaran
  11. Overhead Projector
  12. Tape recorder
  13. Alat teknologi pendidikan.

Berdasarkan alat-alat komunikasi tersebut diatas dapat ditarik rumusan spesifik, bahwa:

    1. Teknologi pendidikan merupakan alat-alat atau media yang lahir dari revolusi teknologi komunikasi yang dapat digunakan untuk tujuan-tujuan pendidikan. Teknologi pendidikan mensyaratkan ide, peralatan,organisasi dan manajemen yang dikaji secara sistematis, rasional dan ilmiah.
    2. Pemanfaatan teknologi komunikasi untuk kegiatan pendidikan dan teknologi pendidikan itu sendiri mutlak perlu dalam rangka kegiatan belajar mengajar.
    3. Pemanfaatan media pendidikan mempunyai implikasi tertentu dalam proses belajar mengajar, sesuai dengan ciri dan kegunaan masing-masing media itu.
    4. Teknologi pendidikan mempunyai arti tertentu dalam kegiatan belajar mengajar, seperti pendidikan lebih produktif, memugkinkan pengajaran lebih individual, ilmiah, seketika dan luas.
    5. Pengajaran dengan menggunakan teknologi pendidikan didekati secara sistematis, rasional dan ilmiah.
    6. Pemanfaatan media teknologi pendidikan yang beranekaragam menuntut keterampilan dari setiap pelaksana pendidikan.

      DAFTAR PUSTAKA

      Danim Sudarwan.  2008.  Media Komunikasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

      Ibrahim, dan Syaodih, N. 1996.  Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

      Sadiman, A.R., Raharjo, A., Rahardjito. 2006.  Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

      Sa’ud US. 2008. Inovasi Pendidikan.  Alfabeta. Bandung.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halloo
1
ada yang bisa kami bantu